KTP & KIA

1. Syarat-syarat pelayanan penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) Baru:

a.Telah berusia 17 tahun/sudah kawin/pernah kawin;

b.Fotokopi    Kartu    Keluarga    terbaru,    jika    ada    perubahan    data kependudukan KK harus diubah dulu;

c.Semua  berkas  dibawa  ke  kecamatan  dan  mengisi  permohonan  cetak    KTP-el.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

a. Pemohon datang ke kecamatan;

b. Operator Loket Adminduk Online Kecamatan melakukan perekaman biometric pemohon;

c. Setelah penunggalan selesai Operator Loket Adminduk Online kecamatan mencetak KTP-el nya;

d. KTP-el yang sudah jadi diserahkan kepada pemohon.

2. Syarat-syarat pelayanan penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) Karena Perubahan Data:

a. Kartu Keluarga (KK) asli terakhir;

b. KTP-el lama yang akan diubah;

c. Buku  nikah  dan  Foto  copy  surat  nikah  atau  foto  copy  Akta  Perceraian legalisir/kutipan akta perkawinan atau kutipan akta perceraian;

d. Fotokopi Akta Kelahiran dan atau ijazah untuk verifikasi data;

e. Fotokopi Akta    kematian    atau    Surat    Keterangan Kematian    dari desa/kelurahan;

f. Surat keterangan pindah dari Disdukcapil Kabupaten/Kota daerah asal;

g. Surat Keterangan Pindah dan Kartu Ijin Tinggal Tetap bagi WNA.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

a.Pemohon datang ke desa/kelurahan;

b. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diinput oleh Opertor Loket Adminduk Online desa/kelurahanpada aplikasi loket;

c. Operator Loket Adminduk Online Desa/kelurahanmengupload berkas permohonan;

d. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diverifikasi dan diinput oleh Front Office (FO) Dinas pada Aplikasi SIAK;

e. Front Office Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan perubahan data KTPel sesuai data dukung yang dilampirkan;

f. Berkas yang memenuhi persyaratan kemudian diteliti oleh Kasi pada Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk atau validator, berkas yang dinyatakan memenuhi persyaratan maka pemohon akan menerima SMSGateway atau Pemberitahuan untuk mengirimkan berkas ke kecamatan melalui PT. Kantor POS Indonesia. Namun apabila berkas belum memenuhi persyaratan di kembalikan ke Operator Adminduk Online Desa/Kelurahan dan pemohon mendapatkan SMS Gateway/Pemberitahuan berkas tidak memenuhi persyaratan untuk dilengkapi.

g. Front Office Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengantrikan cetak KTP-el;

h. Operator Loket Adminduk Online kecamatanmelakukan cetak KTP-el;

i. Pemohon mendapatkan SMS gateway bahwa KTP-el sudah dicetak;

j. Pemohon dapat mengambil dokumen KTP-el pada loket pengambilan di kecamatan.

3. Syarat-syarat pelayanan penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) Karena Hilang:

  1. Foto copy KTP kalau masih ada atau foto copy Kartu Keluarga terbaru;
  2. Surat Keterangan Kehilangan Kepolisian;

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

  1. Pemohon datang ke desa/kelurahan;
  2. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diinput oleh Opertor Loket Adminduk Online desa/kelurahan pada aplikasi loket;
  3. Operator Loket Adminduk Online Desa/kelurahan mengupload berkas permohonan;
  4. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diverifikasi dan diinput oleh Front Office (FO) Dinas pada Aplikasi SIAK;
  5. Berkas yang memenuhi persyaratan kemudian diteliti oleh Kasi pada Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk atau validator, berkas yang dinyatakan memenuhi persyaratan maka pemohon akan menerima SMS Gateway/Pemberitahuan untuk mengirimkan berkas ke kecamatan melalui    PT. Kantor POS Indonesia. Namun apabila berkas belum memenuhi persyaratan di kembalikan ke Operator Adminduk Online Desa/Kelurahan dan pemohon mendapatkan SMS Gateway/Pemberitahuan berkas tidak memenuhi persyaratan untuk dilengkapi.
  6. Front Office Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengantrikan cetak KTP-el;
  7. Operator Loket Adminduk Online kecamatan melakukan cetak KTP-el;
  8. Pemohon mendapatkan SMS gateway bahwa KTP-el sudah dicetak;
  9. Pemohon dapat mengambil dokumen KTP-el pada loket pengambilan di kecamatan.

4. Syarat-syarat pelayanan penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) Karena Rusak:

  1. Fotokopi Kartu Keluarga terbaru;
  2. Melampirkan KTP-el yang rusak;

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

  1. Pemohon datang ke desa/kelurahan;
  2. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diinput oleh Opertor Loket Adminduk Online desa/kelurahan pada aplikasi loket;
  3. Operator Loket Adminduk Online Desa/kelurahan mengupload berkas permohonan;
  4. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diverifikasi dan diinput oleh Front Office (FO) Dinas pada Aplikasi SIAK;
  5. Berkas yang memenuhi persyaratan kemudian diteliti oleh Kasi pada Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk atau validator, berkas yang dinyatakan memenuhi persyaratan maka pemohon akan menerima SMS Gateway/Pemberitahuan untuk mengirimkan berkas ke kecamatan melalui    PT. Kantor POS Indonesia. Namun apabila berkas belum memenuhi persyaratan di kembalikan ke Operator Loket Adminduk Online Desa/Kelurahan dan pemohon mendapatkan SMS Gateway/Pemberitahuan berkas tidak memenuhi persyaratan untuk dilengkapi.
  6. Front Office Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengantrikan cetak KTP-el;
  7. Operator Loket Adminduk Online kecamatan melakukan cetak KTP-el;
  8. Pemohon mendapatkan SMS gateway bahwa KTP-el sudah dicetak;
  9. Pemohon dapat mengambil dokumen KTP-el pada loket pengambilan di kecamatan.

5. Syarat-syarat pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) Baru:

  1. Penerbitan KIA untuk anak usia 0-5 tahun kurang 1 hari
    1. Foto copy kutipan akte kelahiran dan menunjukkan kutipan akta kelahiran aslinya;
    2. Foto copy Kartu Keluarga orang tua/wali;
  2. Penerbitan KIA untuk anak usia 5-17 tahun kurang 1 hari
    1. Foto copy kutipan akte kelahiran dan menunjukkan kutipan akta kelahiran aslinya;
    2. Foto copy Kartu Keluarga orang tua/wali;
    3. Pas foto anak berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 (dua) lembar;

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

  1. Pemohon datang ke desa/kelurahan;
  2. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diverifikasi dan diinput oleh Operator Loket Adminduk online desa/kelurahan pada Aplikasi Loket Adminduk;
  3. Berkas yang telah diinput di Aplikasi Loket Adminduk Online desa/kelurahan masuk di antrian Front Office (FO) Dinas untuk diverifikasi kembali, berkas yang memenuhi persyaratan diinput di Aplikasi SIAK;
  4. Berkas yang memenuhi persyaratan kemudian diteliti oleh Kasi pada Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk atau validator, berkas yang dinyatakan memenuhi persyaratan maka pemohon akan menerima SMS Gateway/Pemberitahuan untuk mengirimkan berkas ke kecamatan melalui    PT. Kantor POS Indonesia. Namun apabila berkas belum memenuhi persyaratan di kembalikan ke Operator Loket Adminduk Online Desa/Kelurahan dan pemohon mendapatkan SMS Gateway/Pemberitahuan berkas tidak memenuhi persyaratan untuk dilengkapi.
  5. Operator Loket Adminduk Online kecamatan melakukan update cetak barcode pencetakan melalui aplikasi loket;
  6. Operator Loket Adminduk Online kecamatan mencetak KIA;
  7. Pemohon mendapatkan SMS gateway pemberitahuan bahwa dokumen telah selesai dikerjakan;
  8. Pemohon dapat mengambil dokumen Kartu Identitas Anak (KIA) pada loket pengambilan kecamatan.

6. Syarat-syarat pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) Karena Perubahan Data:

Perubahan data anak usia 0 – 5 tahun kurang 1 hari  menjadi usia 5 tahun

  1. KIA 0-5 tahun kurang 1 hari;
  2. Foto copy Kartu Keluarga orang tua/wali, terbaru;
  3. Pas Foto berwarna 4 x 6 (2 lembar).

Penerbitan KIA untuk perubahan data lainnya/pindah alamat

  1. Foto copy Kartu Keluarga orang tua/wali yang sudah dirubah datanya;
  2. Foto copy KTP orang tua/wali, terbaru;
  3. Foto copy kutipan akta kelahiran

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

  1. Pemohon datang ke desa/kelurahan;
  2. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diverifikasi dan diinput oleh Operator Loket Adminduk online desa/kelurahan pada Aplikasi Loket Adminduk;
  3. Berkas yang telah diinput di Aplikasi Loket Adminduk Online desa/kelurahan masuk di antrian Front Office (FO) Dinas untuk diverifikasi kembali, berkas yang memenuhi persyaratan diinput di Aplikasi SIAK;
  4. Berkas yang memenuhi persyaratan kemudian diteliti oleh Kasi pada Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk atau validator, berkas yang dinyatakan memenuhi persyaratan maka pemohon akan menerima SMS Gateway/Pemberitahuan untuk mengirimkan berkas ke kecamatan melalui    PT. Kantor POS Indonesia. Namun apabila berkas belum memenuhi persyaratan di kembalikan ke Operator Loket Adminduk Online Desa/Kelurahan dan pemohon mendapatkan SMS Gateway/Pemberitahuan berkas tidak memenuhi persyaratan untuk dilengkapi.
  5. Operator Loket Adminduk Online kecamatan melakukan update cetak barcode pencetakan melalui aplikasi loket;
  6. Operator Loket Adminduk Online kecamatan mencetak KIA;
  7. Pemohon mendapatkan SMS gateway pemberitahuan bahwa dokumen telah selesai dikerjakan;
  8. Pemohon dapat mengambil dokumen Kartu Identitas Anak (KIA) pada loket pengambilan desa/kelurahan.

7. Syarat-syarat pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) Karena Hilang:

  1. Surat laporan kehilangan dari kepolisian;
  2. Foto copy KIA yang hilang jika ada;
  3. Foto copy kutipan akte kelahiran;
  4. Foto copy Kartu Keluarga orang tua/wali;

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

  1. Pemohon datang ke desa/kelurahan;
  2. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diverifikasi dan diinput oleh Operator Loket Adminduk online desa/kelurahan pada Aplikasi Loket Adminduk;
  3. Berkas yang telah diinput di Aplikasi Loket Adminduk Online desa/kelurahan masuk di antrian Front Office (FO) Dinas untuk diverifikasi kembali, berkas yang memenuhi persyaratan diinput di Aplikasi SIAK;
  4. Berkas yang memenuhi persyaratan kemudian diteliti oleh Kasi pada Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk atau validator, berkas yang dinyatakan memenuhi persyaratan maka pemohon akan menerima SMS Gateway/Pemberitahuan untuk mengirimkan berkas ke kecamatan melalui    PT. Kantor POS Indonesia. Namun apabila berkas belum memenuhi persyaratan di kembalikan ke Operator Loket Adminduk Online Desa/Kelurahan dan pemohon mendapatkan SMS Gateway/Pemberitahuan berkas tidak memenuhi persyaratan untuk dilengkapi.
  5. Operator Loket Adminduk Online kecamatan melakukan update cetak barcode pencetakan melalui aplikasi loket;
  6. Operator Loket Adminduk Online desa/kelurahan mencetak KIA;
  7. Pemohon mendapatkan SMS gateway pemberitahuan bahwa dokumen telah selesai dikerjakan;
  8. Pemohon dapat mengambil dokumen Kartu Identitas Anak (KIA) pada loket kecamatan.

8. Syarat-syarat pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) Karena Rusak:

  1. KIA yang rusak;
  2. Foto copy kutipan akte kelahiran;
  3. Foto copy Kartu Keluarga orang tua/wali;

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

  1. Pemohon datang ke desa/kelurahan;
  2. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diverifikasi dan diinput oleh Operator Loket Adminduk online desa/kelurahan pada Aplikasi Loket Adminduk;
  3. Berkas yang telah diinput di Aplikasi Loket Adminduk Online desa/kelurahan masuk di antrian Front Office (FO) Dinas untuk diverifikasi kembali, berkas yang memenuhi persyaratan diinput di Aplikasi SIAK;
  4. Berkas yang memenuhi persyaratan kemudian diteliti oleh Kasi pada Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk atau validator, berkas yang dinyatakan memenuhi persyaratan maka pemohon akan menerima SMS Gateway/Pemberitahuan untuk mengirimkan berkas ke kecamatan melalui    PT. Kantor POS Indonesia. Namun apabila berkas belum memenuhi persyaratan di kembalikan ke Operator Loket Adminduk Online Desa/Kelurahan dan pemohon mendapatkan SMS Gateway/Pemberitahuan berkas tidak memenuhi persyaratan untuk dilengkapi.
  5. Operator Loket Adminduk Online kecamatan melakukan update cetak barcode pencetakan melalui aplikasi loket;
  6. Operator Loket Adminduk Online kecamatan mencetak KIA;
  7. Pemohon mendapatkan SMS gateway pemberitahuan bahwa dokumen telah selesai dikerjakan;
  8. Pemohon dapat mengambil dokumen Kartu Identitas Anak (KIA) pada loket pengambilan desa/kelurahan.

9. Syarat-syarat pelayanan penerbitan Peristiwa Penting Lainnya/ Perubahan Jenis Kelamin:

  1. Salinan Penetapan dari Pengadilan Negeri tentang peristiwa penting lainnya;
  2. Akta Pencatatan Sipil yang telah dimiliki;
  3. KTP-el;
  4. Kartu Keluarga (KK);

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

  1. Pemohon datang di Desa/ Kelurahan;
  2. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diverifikasi oleh Operator Loket Adminduk Online Desa/Kelurahan  kemudian dilakukan penginputan pada Aplikasi Loket Adminduk Online, Pemohon mendapatkan nomor pendaftaran;
  3. Permohonan masuk di Antrian Front Office (FO) Dinas kemudian diverifikasi dan dilakukan penginputan pada Aplikasi Loket Adminduk Online dan penginputan data aplikasi SIAK, apabila tidak memenuhi persyaratan maka Front Office (FO) Dinas membatalkan permohonan dan pemohon mendapatkan SMS Gateway pemberitahuan bahwa permohonan dibatalkan beserta sebab dibatalkannya;
  4. Permohonan yang telah diinput di Aplikasi Loket Adminduk Online dan Aplikasi SIAK, masuk antrian validator Kasi pada Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil untuk divalidasi;
  5. Permohonan divalidasi oleh Kasi pada Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil atau Validator, apabila permohonan disetujui maka Pemohon akan menerima SMS Gateway Pemberitahuan bahwa permohonan sudah divalidasi dan selanjutnya untuk mengirimkan berkas fisik persyaratan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui PT POS Indonesia. Namun, apabila permohonan belum memenuhi persyaratan permohonan dibatalkan  dan pemohon mendapatkan SMS Gateway pemberitahuan bahwa permohonan dibatalkan beserta sebab dibatalkannya;
  6. Loket Pengambilan menerima berkas yang dikirim dari pemohon melalui POS dan memverifikasi kelengkapan berkas kemudian mengupdate status permohonan menjadi berkas sudah diterima dan selanjutnya masuk ke antrian Bagian Produksi, apabila berkas belum memenuhi persyaratan maka akan dibatalkan dan pemohon mendapatkan SMS Gateway pemberitahuan bahwa permohonan dibatalkan beserta sebab dibatalkannya;
  7. Bagian Produksi melakukan verifikasi draf produk untuk memastikan kebenaran hasil cetakan produk Adminduk, apabila terdapat kesalahan inputan maka akan dilakukan pembetulan inputan dan jika terdapat kesalahan diberkas maka akan dibatalkan kemudian pemohon mendapatkan SMS Gateway pemberitahuan berkas tidak memenuhi persyaratan dan untuk melengkapi, jika sudah benar maka  Bagian Produksi memproses pengajuan  Catatan Pinggir Peristiwa Penting Lainnya /Perubahan Jenis Kelamin untuk mendapatkan tanda tangan Kepala Dinas;
  8. Kasi pada Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil atau Validator memvalidasi Pengajuan Catatan Pinggir Peristiwa Penting Lainnya / Perubahan Jenis Kelamin;
  9. Kepala Dinas melakukan Tanda Tangan pada Catatan Pinggir Peristiwa Penting Lainnya / Perubahan Jenis Kelamin yang diajukan;
  10. Bagian Produksi melakukan update status pada antrian pencetakan dokumen menjadi sudah dicetak;
  11. Pemohon menerima SMS pemberitahuan permohonan telah selesai diproses dan pemberitahuan dokumen bisa diambil di loket pengambilan;
  12. Pemohon bisa mengambil dokumen Catatan Pinggir perubahan Peristiwa Penting Lainnya / Perubahan Jenis Kelamin yang bertanda tangan Kepada Dinas pada loket pengambilan;
  13. Petugas loket Pengambilan Dokumen menyerahkan Catatan Pinggir Peristiwa Penting Lainnya / Perubahan Jenis Kelamin kepada Pemohon dan mengupdate status pengambilan dokumen menjadi sudah diambil.