PUPUK ARANG SEKAM

  • Sep 23, 2022

PUPUK ARANG SEKAM

Sekam adalah hasil sampingan dari penggilingan padi selain bekatul. Sekam padi merupakan lapisan keras yang meliputi kariopsis yang terdiri dari dua belahan yang disebut lemma dan palea yang saling bertautan. Pada proses penggilingan beras sekam akan terpisah dari butir beras dan menjadi bahan sisa atau limbah penggilingan. Dikarenakan jumlahnya yang melimpah, sering kali sekam padi sampai dibuang karena dianggap limbah terutama di sentra pertanian.

Pemanfaatan limbah sekam untuk mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan padi tergolong masih sangat rendah. Rendahnya pemanfaatan limbah sekam ini diakibatkan karena rendahnya pengetahuan serta keterampilan masyarakat terutama di Desa Pucung Eromoko terkait pengolahan limbah tersebut.

Sekam padi mentah merupakan bahan yang lazim dipakai untuk campuran media tanam, biasanya digunakan untuk campuran bahan media tanam bunga, tanaman buah, maupun tanaman sayuran. Namun pada kenyataannya, sekam mentah yang sudah didapat tidak bisa langsung digunakan karena masih banyak kandungan bakteri, jamur, dan kutu. Salah satu bentuk pengelolaan limbah sekam yang baik adalah dengan pembuatan arang sekam yang memiliki nilai jual dan bermanfaat bagi lahan usaha tani. Perlunya kegiatan sosialisasi kepada masyarakat yang difokuskan untuk memberikan pengetahuan mengenai pemanfaatan dari arang sekam, bagaimana mengubah limbah sekam padi menjadi arang sekam yang mempunyai nilai jual serta diharapkan dapat memberikan penghasilan tambahan bagi para petani di Desa Pucung Eromoko.

Kegiatan dilakukan dengan mensosialisasikan manfaat serta cara membuat arang sekam kepada para petani. Petani diberikan contoh alat sederhana untuk proses pembakaran padi menjadi arang sekam. Selain itu, petani juga diberikan kesempatan untuk mempraktikkan langsung pengolahan sekam menjadi arang. Melalui berbagai kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang dilakukan diharapkan dapat terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani Desa Pucung Eromoko terkait pemanfaatan limbah sekam padi menjadi arang sekam yang memiliki nilai jual dan dapat memberi manfaat lebih pada usaha tani yang dilakukan. Selain itu, adanya inovasi pemanfaatan sekam padi juga diharapkan dapat mengurangi limbah sekam padi di Desa Pucung Eromoko.

Tujuan inovasi pembuatan arang sekam :

1. Mengurangi limbah sekam padi.

2. Mengolah limbah sekam padi menjadi produk yang lebih bermanfaat.

3. Meningkatkan kreatifitas masyarakat.

Manfaat arang sekam :

1. Mengurangi kadar air dalam tanah.

2. Menetralkan tanah yang mengandung herbisida.

3. Menyuburkan tanah.

4. Menetralkan pestisida.

5. Bisa digunakan sebagai mulsa (material penutup media tanam).

Untuk proses pembuatan pupuk, kunjungi link Arang Sekam