DIBORONG. Desa Pucung Gelar 3 Acara Sekaligus

  • Sep 05, 2024
  • Webadmin Desa Pucung, Kec. Eromoko
  • BERITA, KEGIATAN, PEMBANGUNAN

pucung-eromoko.desa.id - Selasa, 3 September 2024 Pemerintah Desa Pucung melaksanakan 3 kegiatan sekaligus yaitu Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), Rembug Stunting, dan Musrenbangdes RKPDes Tahun 2025. Acara ini dihadiri oleh seluruh Perangkat dan Lembaga Desa Pucung, serta tokoh masyarakat. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Tim II Kecamatan Eromoko yang terdiri dari Camat, Pendamping Desa, Penyuluh Pertanian, serta Kepala UPTD Puskesmas II Eromoko.

Acara yang pertama dilaksanakan yaitu MMD. MMD merupakan acara pertemuan perwakilan warga desa dan petugas untuk membahas dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei SMD (Survei Mawas Diri). Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat mengenali masalah kesehatan di sekitarnya kemudian menyusun rencana kerja untuk menanggulanginya dan dapat diusulkan di Musren RKPDes. Desa Pucung masih menghadapi beberapa masalah kesehatan, diantaranya masalah pengelolaan sampah yang kurang benar, remaja kurang mendapatkan penyuluhan kesehatan, serta lansia yang kurang aktif di kegiatan posyandu lansia.

Dilanjutkan acara yang kedua yaitu Rembug Stunting. Dalam kegiatan ini dipaparkan beberapa hal yang dapat mencegah resiko terjadinya stunting. Diantaranya mulai dari persiapan calon pengantin yang harus melakukan pemeriksaan umum serta mendapat vaksin TT, kemudian setelah hamil harus rutin melakukan cek kehamilan, mengikuti kelas ibu hamil, konsumsi vitamin dan makanan bergizi, serta balita harus mendapat asi eksklusif dan menerima vitamin A.

Selanjutnya acara yang terakhir yaitu Musrenbangdes RKPDes tahun 2025. Dalam acara ini disampaikan beberapa usulan, diantaranya pembangunan talud jalan Dusun Pucung Kidul, perbaikan jalan penghubung Dusun Pucung Kidul - Dunggudel, serta Pucung Kidul - Dusun Kendal, Desa Basuhan.