Fenomena Tanah Amblas (Sinkhole) Di Desa Pucung

  • Mar 15, 2023
  • Webadmin Desa Pucung-Eromoko
  • BERITA

pucung-eromoko.desa.id - Tanah amblas atau sering disebut sinkhole merupakan salah satu fenomena alam yang sering terjadi di dunia dan tidak terkecuali di Indonesia. Sinkhole biasanya terbentuk akibat adanya erosi dan drainase air, selain itu sinkhole bisa muncul karena adanya medan karst yang merupakan area dimana batuan dasar seperti batu kapur atau gipsum terlarut dengan air bawah tanah. 

Akibat cuaca ekstrim yaitu hujan lebat yang terjadi berhari-hari di hampir semua wilayah di Indonesia termasuk Desa Pucung, pada hari Minggu tanggal 19 Februari 2023 tepatnya di area persawahan Dusun Kangkung dan Brengkut terjadi fenomena alam sinkhole atau tanah amblas. Di Dusun Kangkung sinkhole berdiameter 7 meter dan kedalaman 5 meter, sedangkan di Dusun Brengkut berdiameter 4 meter dan kedalaman 2.5 meter. Beruntungnya kejadian ini terjadi sore hari setelah hujan lebat sehingga para petani yang di sawah sudah pulang. Demi menghindari terjadinya perluasan sinkhole, Kepala Dusun setempat Bp Suparno menghimbau agar pemilik lahan tidak ke sawah dulu untuk sementara waktu. 

Fenomena alam ini sudah mendapat perhatian dari pemerintah setempat, pada tanggal 28 Februari 2023 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri telah melakukan peninjauan di wilayah terjadinya sinkhole dan telah melakukan pengamanan seperti memasang papan peringatan di beberapa kawasan yang rawan.

Info lebih lanjut kunjungi Video Youtube