Pelantikan PANTARLIH Pilkada Desa Pucung Tahun 2024

  • Jun 24, 2024
  • Webadmin Desa Pucung, Kec. Eromoko, Kabupaten Wonogiri

pucung-eromoko.desa.id - Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dilantik hari ini yang bertempat di Balai Desa Pucung. Pelantikan ini dihadiri oleh Kepala Desa Pucung, perwakilan PPK Kecamatan Eromoko, Panwaslu Desa Pucung, PPS Desa Pucung, serta seluruh calon Pantarlih Desa Pucung.

Pelantikan ini dilakukan setelah melalui beberapa tahap yaitu pendaftaran, pengumpulan berkas, dan seleksi calon pantarlih hingga pada akhirnya dilantik sebanyak 11 orang calon pantarlih dari 7 TPS. Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Ketua PPS Desa Pucung. Selain melantik petugas Pantarlih, PPS juga melaksanakan bimbingan teknis terkait tugas pantarlih di hari yang sama.

Sebagaimana disebutkan dalam PKPU Nomor 7 Tahun 2022 tentang Pemilihan Umum, Pantarlih bertugas untuk melakukan pemutakhiran data yang sesuai dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap). Pemutakhiran data dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi satu rumah ke rumah yang lain. Hasil pemutakhiran data kemudian disampaikan kepada PPS.

Dengan dilantiknya Petugas Pantarlih ini diharapkan Pemilu Pilkada Tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan memenuhi asas LUBER JURDIL (Langsung Umum BEbas Rahasia JujuR dan aDIL).