REMBUK STUNTING DESA PUCUNG 2023

  • Aug 25, 2023
  • Webadmin Desa Pucung, Kec. Eromoko
  • KEGIATAN, PEMBANGUNAN

pucung-eromoko.desa.id - Pada Jumat, 25 Agustus 2023 Pemerintah Desa Pucung melaksanakan kegiatan "Rembuk Stunting" dalam rangka percepatan penurunan stunting dan perencanaan RKPDes Tahun 2024. Rembuk stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2024 yang dihadiri pihak-pihak yang berperan dalam upaya penurunan stunting diantaranya Forkompimcam, Pemerintah Desa, Lembaga Desa, Kader Kesehatan Desa, dan Kader Pembangunan Manusia (KPM). 

Danang Erawanto selaku Camat Eromoko menyampaikan bahwa program stunting merupakan program pemerintah yang langsung diinstruksikan oleh pemerintah pusat dan merupakan masalah yang menjadi prioritas karena berhubungan dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Beliau juga menargetkan bahwa Januari 2024 harus 'Zero Stunting'. Ketua UPTD Puskesmas Eromoko II menambahakan bahwa pemberian PMT kepada balita harus tetap dilanjutkan karena hal tersebut sangat berperan penting dalam upaya mencegah stunting.

Taufik selaku pendamping Desa Pucung yang dalam acara ini bertindak sebagai moderator menyampaikan beberapa kesepakatan usulan yang disetujui dalam Rembuk Stunting ini, diantaranya :

1. Pengadaan Sarana Prasarana Posyandu

2. Peningkatan Kapasitas Kader

3. Sanitasi Lingkungan

4. Pemberian Makanan Tambahan (PMT)

5. Pengadaan Sarana Prasarana Posbindu

6. Edukasi Kepada Seluruh Calon Pengantin (Catin)

Acara ditutup dengan penanda tanganan Berita Acara oleh perwakilan undangan yang hadir.