Launching Posyandu Remaja 'GERAK' Desa Pucung

  • Jul 12, 2023
  • Webadmin Desa Pucung
  • KEGIATAN, KESEHATAN

pucung-eromoko.desa.id - Senin, 10 Juli 2023 Pemerintah Desa Pucung bersama dengan UPT Puskesmas II Eromoko melaksanakan kegiatan launching posyandu remaja dengan nama "GERAK" Gerakan Remaja Aktif dan Kreatif. Posyandu Remaja merupakan salah satu kegiatan yang menitikberatkan pada kesehatan dan juga keterlibatan remaja di dalamnya. Remaja yang dimaksud yaitu anak mulai usia 12 hingga 18 tahun. Posyandu Remaja memiliki orientasi dari remaja untuk remaja, maksudnya adalah kegiatan posyandu remaja di selenggarakan oleh remaja sendiri dengan target dan tujuan untuk kesehatan dan pengetahuan remaja pula.

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Eromoko Bp Danang Erawanto, Kepala UPT Puskesmas II Eromoko drg. Nukuli Rahayu, serta kader kesehatan Desa Pucung. Kegiatan diawali dengan launching posyandu remaja Gerak, dilanjutkan dengan pemilihan kader posyandu dan terpilih 8 kader remaja yang akan membantu keberlangsungan posyandu remaja kedepannya. Setelah pemilihan kader dilanjutkan dengan praktek langsung menggunakn sistem 5 meja, yaitu :

1. Meja I : Registrasi atau pendaftaran

2. Meja II : Pemeriksaan berat badan, pengukuran tinggi badan, dan tensi

3. Meja III : Pencatatan

4. Meja IV : Penyuluhan Kesehatan dan Gizi

5. Meja V : Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE)

Kegiatan ini diharapkan dapat berlangsung secara kontinyu dan berkesinambungan sehingga dapat mengatasi masalah-masalah terutama masalah yang dihadapi remaja saat terjadi pubertas.